Detail Objek Wisata Benteng Holandia

Benteng ini dibangun pada tahun 1642 di Pulau Lonthor berhadapan dengan kediaman Gubernur Jenderal VOC Naira, berseberangan dengan selat zonegat. Awalnya bernama Benteng Lonthor, kemudian DR. Pieter Vlak mengganti namanya menjadi Benteng Hollandia.

Dari benteng ini kita dapat menikmati pemandangan yang menarik dari selat zonegat ke arah Kompleks Istana Mini, dan Benteng Belgica pada puncak Bukit Tabaleku di Kota Naira bahkan ke arah perkampungan Lonthor sendiri, garis pantai desa Lonthor.
Benteng ini dibangun untuk mengontrol lalu-lintas perdagangan yang melewati selat antara Kota Naira dan Pulau Lonthor, khususnya untuk mengawasi aktifitas perdagangan pala dan biji pala di P. Lonthor.
Untuk mencapai benteng ini kita harus berjalan melewati Desa Lonthor dan menaiki k.l. 260 anak tangga, melewati rumah salah satu perkenir, dan sebuah kompleks pekuburan Belanda yang berasal dari abad ke - 18. Salah satu kompleks pemakaman dibuat untuk keluarga Belanda yang terlahir di P. Banda yang merupakan keturunan perkenir Lantzius.

Benteng ini kecil dan telah hancur, dibangun di puncak bukit, benteng ini layak dikunjungi untuk mengenang latar belakang sejarahnya dan untuk mendapatkan pemandangan yang fantastik.