Detail Objek Wisata Benteng Nassau - Banda

Benteng Nassau, sering dihubungkan  dengan “ Kastil Beneden ” yang dibangun pada masa awal pendudukan Belanda di Kepulauan Banda. Admiral Verhoefen membangun benteng ini dalam tahun 1607-1609 di lokasi reruntuhan benteng Portugis yang dibangun abad sebelumnya. Benteng Nassau adalah benteng yang pertama sekali dibangun di Banda Neira. Verhoefen tidak pernah menyaksikan rampungnya benteng ini, karena beliau terbunuh pada sebuah serangan oleh para pejuang kemerdekaan lokal di tahun 1609. Benteng ini tinggal reruntuhan kini dan terdapat terowongan bawah tanah rahasia menuju puncak Benteng Belgica.
Jan Pietersoon Coen, seorang pelaut dibawah komando Admiral Verhoefen, luput dari serangan yang menewaskan Verhoefen. Kemudian dalam tahun 1612 Coen kembali ke Pulau Banda sebagai Gubernur Jenderal VOC dan membalas dendam dengan melakukan pembunuhan masal pada  tahun 1609. Dia membawa 80-100 algojo Jepang (sebagian diantaranya adalah eksekutor terlatih) dalam perjalanannya ke Pulau Banda pada tahun 1612.
Banda Massacre terjadi pada 08 May 1621, dilakukan di area di depan Benteng Nassau. 6 orang Jepang dengan samurai membantai 44 tokoh masyarakat & adat. Dikatakan bahwa hanya 42 orang yang dipenggal menjadi 5 bagian, karena 2 diantara mereka (Wattimena and Makatita) lolos dari pembantaian.