Detail Objek Wisata Pulau Hatta

Pulau Hatta adalah pulau sebelah timur kepulaun Banda yang berjarak sekitar 25 KM dari pulau Naira. Pulau yang menjadi saksi sejarah dimana sesuai dengan namanya tempat dimana Muhammad Hatta sang proklamator Republik Indonesia di asingkan. Saat ini hanya ada dua pemukiman dan beberapa penginapan di pulau Hatta. Salah satu penginapan yaitu Naira Dive semalam IDR 200.000,- dan Naira Dive juga menyediakan jasa penyelaman. Serta penginapan Mata Bambu 2 dan ada juga homestay yang dikelola oleh warga kampung dengan biaya IDR 150.000,-/malam. Untuk angkutan perahu dari pulau Naira ke pulau Hatta dipatok harga sekitr IDR 40.000,-/orang.

Kepulauan Banda memiliki pulau-pulau yang indah. Dimana setiap pulau-pulaunya memiliki cerita tersendiri. Tetapi salah satu pulau yang berbeda dengan pulau lainya selain dari pada pulau Rhun adalah pulau Hatta. Pulau yang dahulu pada jaman colonial Belanda sebagai tempat logistic perbekalan dari VOC.

Pulau Hatta memiliki pantai yang indah dimana bibir pantai sangat dekat dengan palung laut. Karena itu pulau Hatta menjadi surga bagi para penyelam. Laut yang jernih dan bening, sehingga memudahkan orang yang tidak terbiasa menyelam, dimana mereka bisa snorkeling.

Pulau Hatta juga dikenal dengan pantai yang bersih, dimana setiap wisatawan yang dating kesana tidak boleh sembarangan membuang sampah. Anda dapat dengan mudah menjumpai wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu berbulan-bulan disana. Pulau Hatta sangat cocok untuk perjalanan wisata bulan madu, karena sangat tenang dan memiliki pemandangan senja yang indah sekali.

 

Sumber foto: @anoo_13 Senja di Pulau Hatta

Catatan:

  • Transportasi dari Ambon ke Banda Naira, bisa menggunakan kapal Pelni (IDR 128.000,-/orang) dan Kapal cepat Express Bahari (IDR 400.00,-/orang)
  • Transportasi udara bisa menggunakan pesawat jasa Susi Air (IDR 350.000,-) dengan kursi terbatas.
  • Transportasi dari Pulau Naira ke Hatta (IDR 40.000,-/orang) menggunakan jasa perahu angkutan warga.