Gubernur Maluku & Walikota Ambon Canangkan DewiBulan

Negeri Hukurila tepatnya berada di kecamatan Lei Timur Selatan Kota Ambon banyak memiliki potensi wisata yang sangat mempesona. Tak pelak banyak wisatawan domestik maupun mancanegara banyak berkunjung ke negeri Hukurila yang memiliki keindahan alam dan surga bawah laut bagi para penyelam. Untuk lebih memperkenalkan potensi pariwisata Negeri Hukurila ke wisatawan domestik dan wisatawan mancanegara ini Team Reform Leader Academy (RLA) Angkatan XV tahun 2018 membuat gagasan tentang Negeri Hukurila menjadi Desa Wisata Bahari Berkelanjutan (DewiBulan).

Desa Wisata Bahari Berkelanjutan (DewiBulan) yang digagas tim RLA sebelumnya langsung mendapat lampau hijau atau respon positif dari Gubernur Maluku Said Assagaff dan Walikota Ambon Richard Louhanapesy. Untuk membuktikan hal itu pada hari Sabtu (17/11/18) Desa Wisata Bahari Berkelanjutan langsung dicanangkan sebagai desa wisata di provinsi Maluku. Pencanangan Desa Wisata Bahari Berkelanjutan (DewiBulan) ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Gubernur Maluku Said Assagaff dan penyerahan alat-alat menyelam (diving) kepada Raja Negeri Hukurila John Marten oleh Walikota Ambon Richard Louhanapesy serta peresmian gedung untuk menyimpan alat-alat menyelam dan homestay DewiBulan.

Pada acara pencanangan DewiBulan ini Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan, negeri Hukurila banyak mempunyai sumber daya alam baik didarat maupun dilaut seperti Batu Palungku, Air Terjun Erong dan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Untuk itu kata Said Assagaff potensi ini harus dijaga dikemudian hari, ada 100 events dan hanya ada 2 di Maluku yaitu Festival Teluk Ambon dan Pesta Rakyat Banda. Akan tetapi Beta minta paling tidak ada 3 atau 4 daerah-daerah harus masuk dalam kalender events nasional Kementerian Pariwisata dan Hukurila harus masuk dalam program wisata provinsi Maluku”, katanya.

“Beta juga kaget melihat buku panduan yang diberikan Tim RLA disitu ada banyak potensi wisata di Hukurila dan jangan kalah unggul dengan potensi daerah lain yang sudah maju pariwisatanya. Padahal daerah kita cukup indah dan sangat luar biasa potensi pariwisatanya seperti yang dituturkan orang yang baru pertama kali ke Ambon. Dan pada siang hari ini juga banyak tamu-tamu kita yang kagum dengan keindahan pantai Hukurila dan sekitarnya. Saya harap juga kepada Tim RLA apabaila sudah lulus nanti jangan lupa melihat Hukurila ini karena sudah kita canangkan menjadi DewiBulan”,

Setelah pencangan DewiBulan Gubernur Maluku Said Assagaff dan Walikota Ambon Richard Louhanapesy langsung meninjau Dive Center dan Homestay DewiBulan bersama tamu undangan.